16 Desember 2010

GNS3 Dengan CPU Usage 0% - 20%


GNS 3 Merupakan simulasi jaringan yang di dukung oleh Cisco. GNS 3 Memerlukan IOS atau OS Cisco untuk menjalankan GNS 3. Satu router di handle oleh satu IOS. Itu artinya untuk menjalankan 12 router secara bersamaan memerlukan 12 IOS yang running. Dan itu setara kita menjalankan  12 Komputer dalam satu PC. Kebayang gimana panasnya kompie kita bahkan bau gosong pun tercium. Naudzu billah min zalik jangan sampai lepi saya seperti itu.



HOW TO LOW BUT RUNNING ?


Di GNS3 setiap router sudah di beri Option idlePC. idlePC digunakan untuk memberi peritah router agar dalam  posisi idle. Sehigga proses CPU yang digunakan lebih kecil. idlePC harus di gunakan bila kita ingin menjalankan router di GNS3.

Cara Menjalankan IdlePC adalah :

JALANKAN SATU PERSATU ROUTER JANGAN JALANKAN SEKALIGUS
Jalankan satu persatu router setiap menjalankan router langsung kasih posisi idlePC hal ini di maksudkan agar proses tidak langsung naik. tapi bertahap. Gunakan task manager untuk memantau perkembangan CPU usage.

1. KLIK KANAN PADA ROUTER
2. PILIH OPTION IDLEPC
3. PILIH VALUE IDLEPC YANG ADA TANDA *
4. JIKA TIDAK ADA PILIH NILAI YANG LEBIH BESAR


Jangan dulu menjalankan router yang lain jika proses belum benar-benar turun sampai 0%-10%. Jika belum turun CPU Usage nya. ulangi proses idle PC  sampai proses 0%-10%.

Jika sudah lanjutkan ke router berikutnya, begitu seterusnya. Selamat mencoba.
Spesifikasi Laptop yang di gunakan adalah:

DELL 1440
Processor Core2Duo
RAM 2 Gb
Hardisk 360Gb
VGA Intel