02 Maret 2011

Layanan Cloud Computing Yang Bermanfaat

Cloud computing merupakan layanan baru yang menjadi HOT teknologi saat ini. Cloud computing merupakan mekanisme komputasi dilakukan di internet. Sehingga segala sesuatunya yaitu infrastruktur dilakukan di internet. Dengan adanya CLoud computing kita dapat menghemat daya maintain dan buget yang dapat kita alihkan untuk keperluan bisnis lainnya. Beberapa contoh nya adalah Google, Salesforge, Microsoft dan laain sebagainya.



Layanan Cloud Computing merupakan gagasan as service. Dimana segala sesuatuya yang menyangkut infrastruktur merupakan service yang di sediakan oleh jasa Cloud Computing. Ada beberapa layanan yang di gagas oleh Cloud Computing.

  1. HaaS : Hardware as a Service
         Merupakan service Cloud menjadikan Hardware sebagai Servicenya. Infrastruktur yang di sediakan berupa Virtualisasi hardware. Mulai dari prosesor, memori, storage, OS. HaaS sangan flexible, Scalable dan manageable. Kita dapat bayangkan Untuk menyediakan Server kita memerlukan Daya yang sangat banyak. Mulai dari Hardware dan Daya listrik. Bila ini semua dilakukan di Cloud maka penghematan biaya yang sangat banyak dan dapat kita alihkan ke bisnis yang lain.
     
      2.  SaaS : Software as a Service

          Software yang dibutuhkan untuk Komputasi disediakan di Cloud. Kita dapat melakukan perkerjaan sesuai dengan Software yang kita butuhkan. Hal ini berguna karena bila kita melakukan instalasi di komputer lokal maka kita akan memperhitunkan biaya realisasi dan lisensi dalam. Dengan adanya Saas maka kita dapat menghemat biaya tersebut. Perhitungannya Bila kita melakukan instalasi MS Office maka kita akan membutukan lisensi terhadap produk dikali dengan jumlah komputer yang di gunakan. Sedangkan bila kita menggunakan layanan Cloud kita dapat menghemat biaya tersebut.

      3.  DaaS : Data as a Service 

               Merupakan layanan Cloud yang mengijinkan format dan berbagai variasi sumber data yang kita akses secara Cloud. Gambaranya kita dapat melakukan akses data pada cloud seperti kita mengakses data di lokal komputer.

Cloud computing juga dapat diakses secara mobile. Hal ini dapat meningkatkan mobilitas binis kita kedepannya.
Contoh sederhana adalah layanan Google Doc. Dimana kita dapat mengakses data yang ada pada Cloud di ponsel kita. Sehingga kita tidak perlu takut untuk kehilangan data tersebut.

Sekarang tinggal anda pilih layanan apa yang akan anda gunakan. Cloud sangatlah bermanfaat untuk menghemat daya dan keuangan untuk binis anda. Tapi disamping itu semua anda perlu juga memperhitungkan beban network yang ada di daerah anda. 

Anda juga perlu memperhitungkan Penyedia layanan Cloud yang terbaik. Pilihlah layanan Cloud yang bisa di percaya mulai dari network sampai tetek bengeknya. Hal ini dikarenakan layanan Cloud yang buruk dapat memperburuk bisnis anda. 

Saran penulis bila anda sudah mantap untuk mengCloudkan bisnis anda maka sekarang juga memilih vendor yang terbaik untuk binis anda.