07 Desember 2010

Hybrid OLAP

OLAP On-Line Analytical Processing adalah database Multidemensional pada sistem analisa yang mendukung untuk mengambil keputusan bisnis model dan aktifasi riset. Aplikasi yang sering dipakai OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualan, pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis (MPB). Output dari olap berupa matriks atau pivot. Dimensinya berupa ukuran dan kolom berupa nilai dan matrik.

Ada beberapa tipe OLAP diantaranya MOLAP dan ROLAP, anda dapat  membacanya di sini . Disini kita akan berfokus pada penggabungan dua tipe OLAP yaitu MOLAP dan ROLAP yaitu HOLAP (Hybrid OLAP).


HOLAP atau Hybrid OLAP merupakan penggabungan antara MOLAP dan ROLAP yang memungkinkan diimplementasikan pada OLAP guna meningkatkan performa yang lebih. HOLAP megnijinkan penyimpanan datanya seperti MOLAP dan bebrapa bagian lainnya di simpan seperti ROLAP. Tingkat kontrolnya pun cubenya pun di rancang untuk menangani over partition.
http://yoyonb.wordpress.com/2009/11/25/apakah-olap-molap-rolap-dan-holap-itu/

HOLAP terdiri dari beberapa partitioning. yaitu :

VERTICAL PARTITIONING
Sebagai penyimpanan data OLAP memiliki dua variable storage yaitu aggregation yang di lakukan pada MOLAP dan detail yang sering dilakukan pada ROLAP. HOLAP menggabungakan keduanga sehingga HOLAP dapat melakukan pengambilan data aggregation seperti MOLAP dan dapat melakukan pengambilan data detail  lainnya seperti ROLAP. Hal ini di tujukan untuk optimasi Cube Processing. 

HORIZONTAL PARTITIONING
Di HOLAP data di simpan di menjadi bebrapa bagian data. yang dilakukan HOLAP adalah menyimpan recent query agar query selanjutya menjadi lebih cepat seperti yang dilakukan oleh ROLAP dan melakukan query baru pada seperti MOLAP karena lebih cepat dari ROLAP. 

Contoh produk komersial yang mendukung mode penyimpanan HOLAP adalah Microsoft Analysis Services, Oracle Database Option OLAP, MicroStrategy dan SAP AG BI pendekatan Accelerator.The hybrid OLAP menggabungkan ROLAP dan teknologi MOLAP, manfaat dari skalabilitas yang lebih besar dari ROLAP dan perhitungan lebih cepat MOLAP.

http://www.executionmih.com/business-intelligence/holap-olap.php