08 Desember 2010

Parallel Computing

Apa itu parallel computing ?

Pada dasar software yang di gunakan oleh sebagian orang di jalankan pada komputer seri atau personal komputer. Ketika suatu program ingin melakukan komputasi yang lebih kompleks dengan perhitungan waktu yang lama maka parallel computing sangatlah di perlukan untuk meng eksekusi program tersebut. 



Perlu bertahun-tahun untuk NASA menggenerate informasi yang ada di luar angkasa. Perlu 1000 tahun untuk jepang merender film animasi. Namun dengan adanya parallel computing pekerjaan itu bisa di lakukan dengan cepat bila dibandingkan dengan menggunakan satu super computer untuk melakukan pekerjaan tersebut.


Hukum Moore "Ia mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial".

Berdasarkan hukum tersebut maka timbulah ide untuk memparallelkan komputer yang sudah ada. Parallel computing adalah komputer yang di parallelkan menggunakan jaringan yang di gunakan untuk melakukan perkerjaan(task) atau proses secara simultan. Sehingga memperoleh komputasi yang maksimal. 

Ada beberapa perbandingan antara parallel computing dan super computer untuk melakukan task :

1. Biaya yang di gunakan lebih murah
2. Adanya sikronisasi antar komputer
3. Dapat di scale menjadi skala besar.
4. Banyak vendor yang mendukug
5. Dapat melakukan task yang kompleks dan memerlukan waktu yang lama

Rumus Komputasi :

Topology yang di gunakan pun beragam untuk parallel computing ini. Parallel Computing menggunkan beberapa Architekture untuk melakukan komputasiya. Hal ini di maksudkan untuk mencari performa terbaik dari komputasi :  

1. Shared Memory
Arsitekture parallel computing yang memiliki Memory terpusat dan di share ke komputer lain.

2. Share Disk
Arsitekture parallel computing yang memiliki Disk terpusat dan di share ke komputer lain. sehingga komputer memiliki home directory komputer yang terpusat.

3. Share Nothing 
Arsitekture parallel computing yang tidak sama sekali melakukan share apapun. Komputasi ini akan dirasa lebih mudah karena tidak melakukan share apapun.


4. Share Memory and Share Disk
Arsitekture parallel computing yang melakukan share memory dan share disk. Komputasi ini akan dirasa lebih susah karena melakukan singkronisasi antar  kompter.

Sekian Informasi Semoga Bermanfaat