31 Maret 2011

NFC (Near field communication) : Dompet Tak dibutuhkan Lagi




NFC (Near field communication), merupakan teknologi wireless yang beroperasi pada 13,56 MHZ dan berkisar transfer data 106kbit/s - 848 kbit/s. NFC sendiri melibatkan beberapa inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilan medan RF. Hal ini memungkinkan NFC target dapat mengambil beberapa informasi sederhana seperti tag, stiker, FBOS key, atau kartu yang tidak memerlukan daya untuk mengaktifkannya. Komunikasi NFC bersifat peer to peer yang terdapat pada perangkat yang mendukung.

NFC sendiri dikembangkan kearah media pembayaran.  Teknologi yang memungkin pengguna dapat melakukan transaksi hanya dengan menempelkan ponsel di alat disebut dengan EDC. Teknologi ini mirip dengan RFID sendiri hampir sama dengan NFC yang di handset. Bedanya dalam Identifikasi Frekuensi Radio ini, transponder ditanam di dalam SIM Card. 

Ada beberapa keuntungan dari NFC selain kemudahan bertransaksi diantaranya, Loyalitas kita dalam menggunakan SIM Card. Karena dengan adanya teknologi ini kita tidak akan sembarangan gonta ganti kartu. kita akan lebih menghargai kartu yag kita beli. 

Nah, teknologi ini sekarang sedang di kembangkan di Indonesia. Jika teknologi ini dapat berkebang pesat maka anda tidak perlu lagi membawa dompet kemana-mana. Hanya dengan handphone anda sudah dapat bertransaksi dengan mudah.